Monday, October 3, 2016

6 Tips Jitu agar Judul Skripsi Keperawatan diterima oleh Dosen



Membuat Skripsi memang tidak mudah. Terlebih lagi dalam Keperawatan, ada hal-hal yang tidak dapat diteliti dan biasanya penelitian keperawatan/kesehatan lebih banyak prosedurnya daripada cabang ilmu lain.
Jangankan membuat Bab Pendahuluan, baru mengajukan judul saja sudah was-was rasanya. Ditolak atau tidak ya. Bila ditolak rasanya seperti dunia telah terbalik, apalagi kalau kita sudah mempersiapkannya dengan baik.


Takut Judul Skripsi Keperawatan-mu ditolak oleh Dosen pembimbing? Beberapa tips berikut dapat kamu gunakan.



1. Jangan Gunakan Judul yang sudah terlalu sering digunakan
  • Dosen biasanya tidak senang apabila anda menggunakan judul-judul yang sudah terlalu banyak digunakan dan sepertinya tidak ada gunanya diteliti. Judul seperti 'peningkatan pengetahuan'  sudah terlalu membosankan buat dosen. Apalagi bila judul anda seperti ini 'Manfaat penyuluhan mengenai Hipertensi terhadap tingkat pengetahuan hipertensi'. Bukankah memang sudah terbukti bahwa penyuluhan dapat meningkatkan pengetahuan? kalau begitu untuk apa diteliti lagi?. Hindari judul-judul yang sudah terlalu banyak dipakai dan rasa-rasnya sudah akan terbukti hubungannya. 
2. Pelajari konsep variabel yang ada dalam judulmu sebelum bertemu Dosen
  • Dalam setiap judul skripsi, pasti ada dua konsep yang dihubungkan. Ini dinamakan dengan variabel, yaitu variabel dependent/tergantung dan variabel independent/bebas. Misalnya judul skripsi 'Pengaruh komunikasi terapeutik terhadap tingkat kecemasan anak hospitalisasi', maka ada dua konsep yang harus anda tahu dan pelajari sebelum bertemu Dosen, yaitu konsep Komunikasi Terapeutik dan Konsep Kecemasan. Anda harus tahu Komunikasi terapuetik itu seperti apa? manfaatnya apa? Bagiamana caranya? berapa lama dilakukan? hasil penelitian lain yang telah memanfaatkaanya?. Begitu pula dengan Kecemasan, anda harus tahu cemas itu apa, tingkat kecemasan itu apa saja? bagaimana mengkaji kecemasan? apa efek cemas? dan lan-lain. Jangan menghadap ke dosen hanya dengan berbekal judul saja tapi kamu tak tau apa-apa tentang judul tersebut. Walaupun judumu bagus, mungkin saja akan ditolak karena kamu cuma bisa plonga-plongo saja saat ditanya. 
  • Baca : 'DUA VARIBEL' DALAM SKRIPSI KEPERAWATAN


3. Modifikasi Judul yang sudah ada. Buat yang kreatif
  • Jadi bila ada judul yang sudah terlalu banyak dipakai, kamu bisa memodiikasi judul tersebut sehingga menjadi lebih dapat diterima. Caranya yaitu dengan mengganti salah satu variabelnya. Misalnya anda memiliki 2 judul ini
  • (1) Hubungan antara Kebiasaan (pola pikir) terhadap Pola Makan Anak Prasekolah
  • (2) Pola Asuh orang tua tentang Pendidikan seks dini terhadap pembentukan pola kepribadian anak usia 6-12 tahun.
  • Maka anda dapat memodifikasi judul pertama dengan mengganti Kebiasan dengan Pola asuh sehingga anda akan mendapatkan judul "Hubungan antara Pola Asuh terhadap Pola Makan Anak Prasekolah"
  • Dengan memodifikasi judul, anda akan mendapatkan judul yang menarik karena berbeda dengan yang lainnya sehingga dosen andapun akan tertarik dan menginjinkan anda melanjutkannya, Tapi tetap tentunya anda harus tahu konsep variabelnya sebelum menghadap dosen.

4. Sesuaikan dengan Departemen Keilmuan Dosen-mu

  • Setiap Dosen biasanya berada dalam depertemen tertentu, mungkin 1 departemen saja, atau 2 depertemen sekaligus. Menyesuaikan judulmu dengan departemen yang ditempati dosen pembimbing akan memudahkanmu mendapat info mengenai judul Skripsi yang bagus dan tentunya disetujui beliau. Bila dosenmu berbeda departemen, kemungkinan beliau menjadi kurang mengerti sehingga kurang dapat banyak membantumu mendapatkan judul yang baik. Sedangkan bila kamu mengajukan judul yang sesuai dengan keahlian ilmu dosenmu, kemungkinan beliau akan lebih tertarik dengan judulmu.
  • Misalnya bila dosenmu berada dalam departemen Gawat darurat, maka carilah judul atau tema gawat darurat untuk skripsimu. Begitu pula bila dosenmu terlibat di komunitas, maka carilah judul-judul komunitas juga.

5. Cari tema penelitian yang sedang populer

  • Hal ini biasanya diketahui oleh Dosen-Dosen. Tapi ini baru tema ya, bukan judul pastinya. Judul adalah tanggung jawab mahasiswa sendiiri untuk mencarinya, dosen hanya mengarahkan dan membetulkan atau memberi tema yang sesuai. Nah kenapa harus bertanya kepada dosen akan tema populer? Karena dosen pastinya juga cukup aktif dalam penelitian dan tau mana tema-tema yang menarik untuk diteliti. Dengan ketertarikan dosen  pembimbingmu untuk mengetahui tema tersebut, maka kemungkinan besar judul yang kamu ajukan akan diterima dong :). 


6. Sudah 'masuk-akalkah' judulmu?

  • Salah satu hal yang tidak disukai oleh Dosen yaitu judul yang asal-asalan dibuat. Mahasiswa sendiri kadang tidak mengerti akan makna judul yang akan mereka teliti. Hal ini bisa memancing emosi dosen loo..jadi jangan demikian. Ketahuilah dan pelajarilah judulmu apakah sudah layak untuk diteliti. Misalnya ada yang mengajukan judul 'Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan lansia akan hipertensi'. Bukankah memang fungsi pendidikan kesehatan atau penkes untuk meningkatkan pengetahuan? dan bukankah hasilnya pasti akan terbukti?. 
  • Buatlah judul yang masuk akal benar benar dari hasil perenungan kalian. Contoh lain judul yang tidak jelas misalnya 'Pengaruh kunjungan ke rumah terhadap perilaku sehat lansia penderita hipertensi'. Ketika ditanya konsep kunjungan ke rumah seperti apa, mahasiswa menjawab ya seperti orang berkunjung. Terus bagaimana perilaku bisa berubah kalau hanya dikunjungi? Apa bisaa?!! Dengan penyuluhan saja masih susah untuk mengubah perilaku, apalagi dengan  hanya kunjungan. ini tidak masuk akal. Carilah judul penelitian yang rasional atau memang dapat berpengaruh namun tidak 100 persen selalu terjadi demikian. 

Sekian tips kali ini, membuat Skripsi memang tidak mudah. Kita kadang membutuhkan semua bantuan yang kita bisa peroleh.  Karena itulah penulis mencoba membuat artikel ini.

Semoga bermanfaat


Pasti bisa!!


Baca Juga: KONSEP BAB 1: PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK USIA PRASEKOLAH

7 comments:

Unknown said...

hehhe makasihh kaa

antok said...

sama-sama smoga membantu

Gemar nyemil said...

Hihihi sedikit dapet pencerahan, tengss kaka

antok said...

Smoga bermanfaat Vikry Sahilla

SKRIPSI KEPERAWATAN INDONESIA said...

silahkan juga kunjungi website kami di www.skripsikeperawatan.com
untuk mendapatkan berbagai macam referensi skripsi keperawatan lengkap.

Kisah sukses said...

Assalamualaikum, Nama saya Siska wibobo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di internet , Sampai saya juga sudah di tipu di salah satu KSP on'line, tapi saya tidak pernah putus asa saya terus buka info di gogle dan saya melihat posting Bapak Suryanto tentang kisah cerita beliau dapat pinjaman di bank BI pusat jakarta tanpa di persulit beliau hanya melampirkan KK,KTP,AKTE lahir dan Jaminan Sertifikat RUMAH,dan saya
Juga pun memberanikan diri menghubungi nomor WA yang diterapkan dalam postingan bapak suryanto yaitu nomor WA bpk arif kepala bagian transfer Bank Indonesia pusat WA beliau di 085321740123

Dan beliau menjelaskan tabel pinjaman 25 juta sampai 500 juta dan waktu pinjaman hanya sampai 2 tahun itupun tidak di bayar perbulan penyampainan beliau , dana itu harus langsung di kembalikan pokok dan bunga uang'nya selama 2 tahun jadi kalau 200 juta nanti 2 tahun kemudian baru di kembalikan pokok dan bunga total 204.000.0000

Penyampaian beliau ini program dana pinjaman covid 19 dari seluruh dunia

Alhamdulillah setelah saya laporan semua berkas yang di butuhkan oleh bapak hj arif kurniawan, 5 jam kemudian saya dapat pesang singkat/sms bengking saldo saya bertambah 200 juta dari Bank indonesia alhamdulillah saya sangat bersyukur telah mendapat'kan bantuan pinjaman dana dari Bank Indonesia pusat sekali lagi terima kasih kepada bapak hj arif kurniawan yang telah membantu saya semoga bapak arif di beri umur panjang dan sukses selalu.amin


> pinjaman 25 juta sampai 100 juta
Bunga 1 juta pertahun

Pinjaman 100 sampai 200 juta
Bunga 2 juta pertahun

Pinjaman 200 sampai 300 juta
Bunga 3 juta pertahun

Pinjaman 300 sampai 400 juta
Bunga 4 juta pertahun

Pinjaman 400 juta sampai 500 juta
Bunga 5 juta pertahun

Anonymous said...

www.menujupintar.com
www.rajaprogram.com

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes